Layanan Terapi

Kami menyediakan berbagai layanan untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal dan menyeluruh.

Terapi ABA-VB (Applied Behavior Analysis-Verbal Behavior)

Terapi ABA-VB oleh terapis yang berpengalaman menggunakan assessment dan pendekatan terapi berdasarkan VB-MAPP dan ABLLS. Pada level lanjut, kami melanjutkan dengan program TEACCH Terapi ini dengan pendekatan individual, pembelajaran terstruktur, pemantauan progres dan evaluasi berkala. Terapi ABA-VB bersifat inklusif (bisa untuk semua anak)

Terapi Wicara

Terapi Wicara oleh terapis wicara profesional yang telah terlatih ABA (memberikan positif reinforcement (hadiah/pujian) kepada anak, agar lebih cepat tercapai kemampuan wicara. Fokus pada berbagai aspek bahasa meliputi peningkatan artikulasi, bahasa reseptif dan ekspresif, kemampuan komunikasi dan sosial

Terapi Sensori Integrasi kami dirancang untuk membantu anak memahami dan mengelola rangsangan sensorik yang beragam secara optimal. Kami memberikan program individu pada setiap anak agar tercapai kemampuan sensori anak secara terstruktur dan optimal

Terapi Sensori Integrasi
Terapi Okupasi

Terapi Okupasi kami bertujuan untuk membantu anak mengembangkan kemandirian dalam aktivitas sehari-hari, melatih kemampuan motorik halus, koordinasi, fokus, dan regulasi emosi. Pendekatan terapi dipersonalisasi dan menggunakan pendekatan berbasis permainan

Fisioterapi

Layanan fisioterapi kami difokuskan untuk membantu anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik, gangguan neurologis, kelemahan otot, dan kesulitan koordinasi gerak. Program terapi disusun secara individual sesuai kebutuhan setiap anak

Kelas Sosial

Kelas Sosial kami berbasis ABA dirancang untuk melatih keterampilan sosial anak, seperti bergiliran, berbagi, memahami emosi, dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Melalui aktivitas kelompok yang menyenangkan dan terstruktur, anak belajar berinteraksi dalam lingkungan sosial

Kelas Vokasi

Kelas vokasi disesuaikan dengan minat, kemampuan, dan level fungsional anak. Tujuannya adalah membekali anak dengan keterampilan hidup dan kerja yang bisa meningkatkan kemandirian. Terdiri dari kelas kemandirian harian (life skill), kelas keterampilan rumah tangga, kelas komunikasi dan sosial, kelas penggunaan artifisial intelegence, kelas keterampilan kreatif, kelas bisnis mini/ kewirausahaan, kelas magang atau simulasi dunia kerja

Assessment program terapi yang dipersonalisasi (per bulan)

Di GrowingKids, kami melakukan asesmen program terapi secara bulanan untuk memantau kemajuan setiap anak secara individual. dengan menggunakan asesment dan program berdasar VB-MAPP dan ABLLS. DI mana dalam asesment akan dipersonalisasi setiap anak, memantau kemajuan dan memberika penyesuaian intervensi terapi bulanan

Terapi ABA-VB (Applied Behavior Analysis-Verbal Behavior)

Apa Itu Terapi VB-ABA

Terapi VB-ABA adalah pendekatan terapi yang menggabungkan prinsip Applied Behavior Analysis (ABA) dengan fokus pada pengembangan komunikasi verbal melalui metode Verbal Behavior (VB). Pendekatan ini dirancang khusus untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berbahasa dan komunikasi secara efektif. Studi ilmiah menyatakan bahwa terapi ABA dikaitkan dengan perbaikan gejala inti Autisme (perilaku, kemampuan bahasa, dan interaksi dengan teman sebaya) dan peningkatan nilai IQ (skor tes kecerdasan). Terapi ABA tidak hanya untuk autisme, sangat efektif untuk keterlambatan perkembangan lain, speech delay, Down syndrome, cerebral palsy, global development delay, ADHD, kondisi-kondisi neurologis lainnya, bahkan anak tanpa kondisi tertentu yang memiliki sedikit keterlambatan.

Apa Program yang diberikan?

Kami menggunakan dua alat standar untuk assessment dan penentuan program dalam terapi ini, yaitu:

  • VBMAPP (Verbal Behavior Milestones Assessment and Placement Program) : pemenuhan program ini akan mencapai kemampuan sama seperti anak tipikal (anak dengan tumbuh kembang normal) usia 4 tahun

  • ABLLS (Assessment of Basic Language and Learning Skills) : pemenuhan program ini akan mencapai kemampuan sama seperti anak tipikal usia 7 tahun

Selain 2 program di atas, kami juga menggunakan metode TEACCH (visual schedule, task boxes, penggunaan visual sebanyak mungkin), AFLS, ABA Discrete Trial Training (DTT), serta program khusus GrowingKids yang dipersonalisasi yang tidak ditemukan di tempat tumbuh kembang lainnya.

Bagaimana Terapi Ini Diterapkan?

  • Pendekatan Individual:

  • Pembelajaran Terstruktur

  • Pemantauan Progres dan Evaluasi:

Selama proses terapi, kemajuan anak terus dipantau dan dievaluasi secara berkala dengan menggunakan VBMAP, ABLLS, dan pendekatan GrowingKids. Evaluasi berkala ini membantu tim terapi untuk mengetahui apakah intervensi yang diberikan efektif, serta untuk menyesuaikan metode dan target pembelajaran jika diperlukan.

Manfaat terapi ABA-VB di GrowingKIds?

Dengan menggabungkan berbagai pendekatan ABA yang terbukti efektif, terapi ABA-VB di GrowingKids berkomitmen membantu setiap anak mengekspresikan diri melalui bahasa, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan lingkungan secara lebih bermakna dan mandiri. Kami sangat percaya "Autism Recovery is Possible", tidak hanya autisme, begitu pula anak dengan kondisi lainnya "Pulih itu mungkin, terus bertumbuh mencapai kemampuan optimalnya, mandiri, dan bisa berkarya di masyarakat"

Terapi Wicara

Di Growing Kids, kami percaya bahwa kemampuan berbahasa adalah kunci utama dalam perkembangan sosial dan akademik anak. Layanan terapi wicara kami didesain khusus untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan berbicara, memahami bahasa, atau mengungkapkan pikiran mereka secara jelas. Program terapi wicara di GrowingKIds menggunakan pendekatan individual.

Layanan terapi wicara kami meliputi:

  • Bahasa Reseptif dan Ekspresif : Mengasah kemampuan anak dalam memahami instruksi serta mengungkapkan pikiran dan perasaannya.

  • Peningkatan Artikulasi : Membantu anak menghasilkan suara dengan jelas sehingga komunikasi sehari-hari menjadi lebih efektif.

  • Kemampuan komunikasi dan sosial : mengembangkan keterampilan berbahasa seperti pembentukan struktur kalimat, penggunaan kalimat pada situasi yang sesuai (pragmatis), dan komunikasi dua arah

  • Peningkatan kemampuan oromotor

Terapi Sensori Integrasi

Di Growing Kids, terapi sensori integrasi kami dirancang untuk membantu anak memahami dan mengelola rangsangan sensorik yang beragam secara optimal. Dengan pendekatan profesional dan terstruktur, terapis berpengalaman kami memadukan teknik bermain dan latihan terfokus guna menstimulasi keterampilan motorik, persepsi, dan pengaturan emosi. Hasilnya, anak dapat beradaptasi lebih baik dalam keseharian, mendukung perkembangan optimalnya secara menyeluruh.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari terapi sensori integrasi:

  • Meningkatkan Pengolahan Sensorik : Membantu anak untuk lebih efektif dalam menyaring dan menginterpretasikan rangsangan sensorik (seperti suara, cahaya, atau sentuhan) sehingga mereka merasa lebih nyaman dan tidak kewalahan.

  • Peningkatan Koordinasi Motorik: mendukung perkembangan keterampilan motorik kasar dan halus, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.

  • Pengaturan Emosi dan Perilaku:

  • Peningkatan Konsentrasi dan Fokus:

  • Peningkatan Interaksi Sosial

  • Kemandirian dalam Aktivitas Sehari-hari

Manfaat-manfaat ini membantu menciptakan dasar yang lebih kuat bagi perkembangan optimal anak, sehingga mereka dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan mencapai potensi penuh mereka.

Terapi Okupasi

Terapi okupasi di Growing Kids bertujuan untuk membantu anak-anak mengembangkan kemandirian dalam aktivitas sehari-hari, seperti makan, berpakaian, menulis, bermain, dan berinteraksi sosial. Terapi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dengan gangguan perkembangan, keterlambatan motorik, gangguan sensori, maupun kesulitan dalam keterampilan fungsional.

Fisioterapi

Layanan fisioterapi di Growing Kids difokuskan untuk membantu anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik, gangguan neurologis, kelemahan otot, atau kesulitan koordinasi gerak.

Dengan pendekatan yang ramah anak dan berbasis permainan, fisioterapis kami membantu memperkuat otot, meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, serta kemampuan motorik kasar seperti duduk, merangkak, berjalan, dan berlari.

Program terapi disusun secara individual sesuai kebutuhan tiap anak, bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup anak dalam aktivitas sehari-hari

Kelas Sosial

Kelas Sosial di Growing Kids dirancang untuk melatih keterampilan sosial anak, seperti bergiliran, berbagi, memahami emosi, dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Melalui aktivitas kelompok yang menyenangkan dan terstruktur, anak-anak belajar berinteraksi dengan lebih percaya diri dan positif dalam lingkungan sosial.

Kelas Vokasi

Kelas vokasi sebaiknya disesuaikan dengan minat, kemampuan, dan level fungsional anak. Tujuannya adalah membekali mereka dengan keterampilan hidup dan kerja yang bisa meningkatkan kemandirian. Berikut beberapa contoh kelas vokasi yang cocok untuk anak autisme:

1.⁠ ⁠Kelas Kemandirian Harian (Life Skill)

  • Merapikan tempat tidur

  • Menyiapkan makanan ringan

  • Menjaga kebersihan diri (mencuci tangan, menyikat gigi, dll)

  • Mencuci piring, melipat pakaian

2.⁠ ⁠Kelas Keterampilan Rumah Tangga

  • Menyapu, mengepel

  • Menanam dan merawat tanaman

  • Merapikan barang-barang

  • Memasak sederhana

3.⁠ ⁠Kelas Komunikasi dan Sosial

  • Berlatih percakapan dasar

  • Menelepon / mengirim pesan sederhana

  • Membuat permintaan dan mengungkapkan pendapat

  • Etika berinteraksi di tempat umum

4.⁠ ⁠Kelas Komputer, Artificial Intelegence, dan Teknologi Dasar

  • Mengoperasikan komputer/laptop

  • Mengetik dan mengenal program sederhana (Word, Paint, dll)

  • Menggunakan internet secara aman

  • Membuat desain sederhana (jika mampu)

5.⁠ ⁠Kelas Keterampilan

  • Melukis, mewarnai

  • Membuat kerajinan tangan

  • Menjahit atau merangkai manik-manik

  • Membuat sabun/lilin aromaterapi

  • Memasak

  • Berkayu

6.⁠ ⁠Kelas Bisnis Mini / Kewirausahaan

  • Membuat dan menjual produk sederhana

  • Menata produk dan melayani pembeli

  • Belajar menghitung uang dan transaksi

  • Membuat kemasan menarik

7.⁠ ⁠Kelas Magang atau Simulasi Dunia Kerja

  • Simulasi profesi ringan: petugas perpustakaan, barista, tukang kebun

  • Magang di lingkungan aman seperti kafe ramah autisme, koperasi sekolah, atau toko komunitas

  • Latihan kerja tim, datang tepat waktu, menyelesaikan tugas

Kelas-kelas ini bisa disusun secara bertahap sesuai level anak dan dilakukan dengan pendekatan visual, praktis, serta konsisten.

Bagaimana contoh penerapan kurikulum vokasi?

Berikut adalah contoh kurikulum kasar kelas vokasi untuk anak autisme, disusun berdasarkan tingkat kemampuan (low, moderate, high functioning) dan juga bisa disesuaikan dengan usia perkembangan, bukan usia kronologis.

LEVEL 1 – Basic Functioning (Usia Perkembangan 3–6 tahun)

Fokus: Pengenalan kemandirian dasar dan rutinitas sederhana

Minggu 1–4 : Personal Care & Hygiene

  • Cuci tangan dan lap tangan

  • Sikat gigi dengan bantuan

  • Ganti baju dengan bantuan

  • Merapikan tas atau sepatu

Minggu 5–8 : Daily Routine & Respons Perintah

  • Duduk di kursi saat makan

  • Mengikuti instruksi 1 langkah

  • Menyimpan mainan setelah bermain

  • Meletakkan pakaian kotor di keranjang

LEVEL 2 – Moderate Functioning (Usia Perkembangan 6–9 tahun)

Fokus: Keterampilan rumah tangga ringan & komunikasi fungsional sederhana

Minggu 1–4: Life Skills

  • Merapikan tempat tidur

  • Melipat handuk

  • Menyiapkan bekal sederhana (roti, air minum)

  • Menyapu lantai

Minggu 5–8: Vokasi Dasar & Simulasi

  • Simulasi belanja dengan uang mainan

  • Menyusun barang di rak

  • Menata meja makan

  • Menyortir cucian (warna, jenis)

Minggu 9–12: Social Communication

  • Menyapa dan menjawab sapaan

  • Belajar meminta bantuan

  • Bergiliran dalam aktivitas

  • Menunggu dan antre

LEVEL 3 – High Functioning (Usia Perkembangan 9 tahun ke atas / Remaja)

Fokus: Persiapan kerja ringan, keterampilan sosial dan wirausaha kecil

Minggu 1–4: Vocational Training

  • Simulasi pekerjaan: barista mini, penjaga toko

  • Membuat kerajinan untuk dijual (misal: sabun handmade)

  • Packing produk dan labeling

  • Menyapu dan mengepel ruangan

Minggu 5–8: Kemandirian Sosial & Finansial

  • Menghitung uang sederhana

  • Transaksi beli/jual (kasir simulasi)

  • Komunikasi dengan pelanggan

  • Penggunaan gadget untuk jadwal & reminder

Minggu 9–12 : Proyek Mini & Evaluasi

  • Menyusun proyek: “buka toko mini”

  • Menyusun daftar tugas

  • Membuat laporan sederhana (dengan bantuan visual)

  • Refleksi & penghargaan atas pencapaian

Bahan ajar : Visual schedule, social story, video model, permainan fungsional

Assessment Program Terapi yang dipersonalisasi (per bulan)

Di Growing Kids, kami menjalankan asesmen program terapi secara bulanan untuk memantau kemajuan setiap anak secara individual. Dengan menggunakan standar VB Mapp dan ABLLS, tim profesional kami mengevaluasi perkembangan kemampuan komunikasi, pembelajaran, dan keterampilan dasar anak. Hasil asesmen ini digunakan untuk:

  • Mengidentifikasi Tonggak Perkembangan: Menilai capaian dalam perkembangan verbal dan keterampilan belajar berdasarkan VB Mapp dan ABLLS.

  • Menyesuaikan Intervensi Terapi: Mengadaptasi dan mempersonalisasi program terapi sesuai dengan kebutuhan serta area yang memerlukan peningkatan.

  • Memantau Kemajuan Secara Konsisten: Memberikan gambaran yang jelas tentang perkembangan anak dari waktu ke waktu untuk memastikan setiap langkah terapi berjalan efektif.

Dengan pendekatan ini, program terapi di Growing Kids senantiasa disesuaikan agar mendukung pertumbuhan optimal dan memaksimalkan potensi setiap anak.